6 Senam untuk Persiapan Persalinan agar Lebih Lancar

Program

Selama masa kehamilan bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas olahraga. Ternyata melakukan beberapa gerakan olahraga justru dapat memperlancar proses persalinan. Lantas apa saja sih aktivitas olahraga yang boleh dilakukan selama masa kehamilan. Nah berikut merupakan senam untuk persiapan persalinan agar lebih mudah dan lancar.

  1. Senam Kagel

Senam kagel merupakan gerakan olahraga yang paling mudah dan dapat dilakukan di mana saja. caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina seperti gerakan menahan buang air kecil. Senam hamil yang satu ini dapat dilakukan selama 10 kali setiap harinya dalam keadaan jongkok ataupun berdiri.

  • Senam Jongkok

Gerakan senam jongkok ternyata dapat bermanfaat untuk memperkuat otot panggul dan paha sehingga berguna untuk persiapan persalinan agar lebih mudah dan lancar. Mulailah senam ini dengan posisi tegak kemudian turunkan badan secara perlahan. Bernapas secara normal dan tahan posisi selama kurang lebih 10 detik kemudian kembali ke posisi semula.

  • Senam Yoga Kupu-kupu

Senam hamil yoga kupu-kupu atau yang lebih dikenal dengan nama tailor ini dapat Anda lakukan untuk melatih dan memperkuat otot paha sekaligus mengurangi risiko punggung sakit yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Cara melakukan senam yoga kupu-kupu ini sangat mudah. Anda hanya perlu duduk dalam posisi bersila kemudian temukan kedua telapak tangan di depan kaki. Doronglah lutut hingga menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama kurang lebih 10 sampai 20 detik dan lakukan senam yoga kupu-kupu ini secara berulang,

  • Mini Sit Up

Gerakan sit up memang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh wanita hamil. Namun Anda tetap bisa melalukan senam mini sit up dimana gerakan ini tidak terlalu menekan perut. Senam yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengencangkan perut dan menurunkan risiko terjadinya tegang pada area otot panggung.

  • Gerakan Duduk Bersila

Gerakan senam hamil yang satu ini hampir sama dengan senam yoga kupu-kupu. Gerakan duduk bersila ini juga bermanfaat untuk memperkuat otot sekaligus mencegah terjadinya stres menjelang proses persalinan. Selama melakukan gerakan ini duduklah dengan posisi bersila dan gunakan matras yang aman sebagai alasnya.

  • Senam Hamil dengan Mengangkat Panggul

Senam hamil dengan mengangkat panggul ke atas ini sangat bermanfaat untuk memberikan rasa rileks selama proses persiapan bersalin sekaligus mengencangkan otot perut. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan cara tidur telentang dam tekuk kedua lutut. Tarik napas dan kencangkan otot perut dan bokong. Angkat panggul ke atas dan tahan selama 5 tarikan napas.

Nah itulah beberapa senam hamil yang bisa Anda lakukan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Namun jika masih ragu dengan gerakan di atas, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan mengenai gerakan yang aman selama masa kehamilan. Pastikan Anda melakukan beberapa senam persiapan persalinan tersebut agar lebih lancar.